Tips Paving Block Agar Tidak Ambles

Tips Agar Paving Block Tidak Bergelombang

Paving block anda sering ambles ??

Pemasangan paving sering digunakan sebagai pengerasan permukaan tanah untuk jalan, halaman, carpot, gudang, dsb karena mudah dipasang dan mudah perawatan.

Namun seiring berjalannya waktu dan semakin sering dilalui kendaraan pemasangan paving block menjadi bergelombang bahkan ambles.

Lalu bagaimana caranya agar paving block tidak ambles ??

Yuk simak tips dari kami…

 

  1. Berikan Pondasi dan Bantalan Pasir
    Berikan Bantalan Pasi
    Berikan Bantalan Pasi

    Pondasi untuk pasangan paving block dapat menggunakan sirtu atau batu pecah. Setelah itu berikan bantalan pasir atau abu batu dengan ketebalan 4cm.

  2. Padatkan Tanah
    Pemadatan Tanah Paving Block
    Pemadatan Tanah Paving Block

     

    Pemadatan tanah dilakukan dengan mesin pemadat seperti stemper, babby roller, stom, dsb. Dengan tujuan agar tanah menjadi keras dan tidak mudah bergerak. Pemadatan ini juga bertujuan untuk membentuk ketinggian dan kemiringan tanah.

  3. Pemasangan Paving Block
    Pemasangan Paving Block yang Benar
    Pemasangan Paving Block yang Benar

    Tentukan pola pemasangan paving block sebelum dipasang. Kita dapat menggunakan benang agar paving block rata dan lurus. Pasang paving block dari belakang ke depan sehingga tidak merusak bantalan dan lebih mudah dalam pemasangannya.

  4. Pasang Kanstin
    Pemasangan Kanstin Paving Block
    Pemasangan Kanstin Paving Block

     

    Kanstin berfungsi untuk menjepit paving block agar tidak bergeser saat menahan beban kendaraan. Kanstin juga dapat digunakan sebagai tali air sebagai saluran pembuangan air hujan.
    Pemasangan kanstin diletakan diatas rabat beton dan direkatkan dengan semen.

  5. Pengisian Celah dan Pemadatan
    Pengisian Celah Paving Block
    Pengisian Celah Paving Block

     

    Terakhir adalah pengisian celah paving block dengan abu batu atau pasir halus. Kemudian padatkan ulang seluruh permukaan paving block dengan menggunakan mesin pemadat stamper 1-2 kali supaya paving block saling mengunci.

 

Mau cari paving block berkualitas dengan harga terjangkau ?? Dapatkan paving block berkualitas dan bergaransi hanya di Marga Jaya !!

 

sumber : instagram.com/margajaya.yk


Share it :

Comments